Skip to main content

Tutorial Membuat Puzzle Game dengan Unity 5.2


Tutorial Membuat Puzzle Game dengan Unity 5.2

Tugas Kelompok 6 :
 Achmad Rofiq El Fakih
Lutfianto Triatmojo
Bagas Andhika Sakti
Bemby Aditya
Gabriel Baruch K. 
 

  • Buat Project dengan nama “Puzzle Game1” untuk pacakages 2D seperti dibawah, lalu create project.




  • Akan muncul tampilan dibawah seperti ini.



  

  • Buat folder di bagian bawah dengan cara Create > Folder, lalu namai Folder tersebut dengan Scenes.




  • Berikutnya buat panel dengan cara klik GameObject > UI > Panel.




  • Jika sudah maka akan seperti tampilan dibawah ini, berikutnya ubah render mode menjadi Screen Space – Camera.





  • Lalu drag Main Camera ke Render Camera. Berikutnya ubah UI Scale Mode menjadi Scale with Screen size, setelah itu ubah reference solution menjadi  X 1280 dan Y 720 dan ubah match menjadi 0,5.





  • Jika sudah kita akan membuat button untuk puzzlenya. Dengan cara GameObject > UI > Button.




  • Lalu delete text yang terdapat dalam button, jika sudah drag button menjadi anak dari Puzzle Field.




  • Jika sudah ubah ukuran button menjadi 200x200 seperti dibawah.




  • Lalu klik panel Puzzle Field lalu cari Add Component dan cari Grid, dan klik Grid Layout Group.




  • Jika sudah di bagian Puzzle Field ubah ukuran cell size menjadi 200x200 dan spacing 10x10, untuk child alignment menjadi middle center, lalu constraint ubah menjadi fixed column dan ubah Constraint Count Menjadi 4.




  • Lalu drag Puzzle Button ke folder Prefabs. Jika folder Prefabs belum dibuat, maka dibuat dahulu.




  • Berikutnya kita buat Game Controller dengan cara Game Object > Create Empty, lalu ubah nama menjadi Game Controller.




  • Lalu buat Folder Baru dengan nama Scripts.



  • Jika sudah masuk ke folder Scripts, dan buat C# Script.



  • Lalu namai dengan AddButtons. Lalu drag script ke Game Controller.



  • Jika sudah double klik AddButtons, maka akan keluar tempat untuk pengisian kodingan, lalu isi kodingan seperti dibawah.




  • Jika sudah save, berikutnya drag Puzzle Field ke dalam Add Buttons yang terdapat pada Game Controller.



  • Dan juga drag Puzzle Button yang ada di Prefabs ke dalam Btn.



  • Jika sudah kita dapat menghapus Puzzle Button yang terdapat pada Puzzle Field (tetapi harus di drag dahulu ke Prefabs) seperti diatas, jika sudah dihapus kita dapat klik play dan akan muncul tampilan seperti dibawah.




  • Dari gambar diatas kita sudah selesai dalam membuat layout untuk game puzzle buatan kita, berikutnya kita membuat 1 script lagi yaitu “GameController”, jika sudah dibuat lalu drag “GameController” ke Game Controller dibawah Event System, maka nantinya Game Controller akan menyimpan Script “GameController”. Lalu klik 2x pada script GameController. Lalu masukkan script ini.




  • Jika sudah klik Play maka di bagian Target Graphics, tiap gambar yang kita klik sudah mempunyai nomor urutnya , yaitu 0 (Image), 1 (Image), 2 (Image) dan seterusnya hingga 7 (Image).



  • Selanjutnya jika langkah diatas telah dilakukan, dibagian Puzzle Button yang terdapat di Prefabs kita klik lalu ubah dibagian Tag > Add Tag.



  • Lalu klik + dan namai PuzzleButton.



  • Jika sudah kita klik lagi Puzzle Button yang terdapat di Prefabs, lalu ubah Tag ke PuzzleButton seperti dibawah.



  • Lalu ubah script yang terdapat pada GameController menjadi :



  • jika sudah maka nantinya di Game Controller (Script)  terdapat Btns.





  • Berikutnya ubah script yang terdapat pada GameController menjadi :




  • Lalu start, jika sudah maka Btns akan mempunyai element-element seperti dibawah sebanyak 7.




  • Selanjutnya kita membuat folder baru untuk gambar-gambar pada puzzle yang nantinya akan kita masukkan dengan nama Folder Sprites.





  • Berikutnya kita drag gambar yang kita inginkan untuk puzzle, untuk background dan juga untuk isi puzzlenya.




  • Berikutnya klik gambar diatas (emoticon senyum) lalu atur di inspector pilih platform untuk android, override for android, max size 1024 dan formatnya true color seperti dibawah.




  • Berikutnya tambahkan kodingan di GameController seperti dibawah untuk background.



  • Jika sudah kembali ke GameController, dibagian inspector terdapat Bg Image, lalu klik dan cari gambar background yang ingin dipilih.




  • jika sudah di script GameController tambahkan kodingan seperti dibawah.





  • jika sudah menambahkan kodingan seperti diatas, lalu play, maka akan muncul background untuk puzzlenya.


  • Jika sudah kita kembali ke Script GameController dan tambahkan kodingan seperti dibawah.



  • Lalu buat Folder baru Resources dan drag folder Sprites ke dalam folder Resources, jika sudah tambahkan kembali kodingan pada script GameController seperti dibawah.



  • Jika sudah lalu tekan play, maka di bagian kanan inspector Puzzles, otomatis gambar akan terisi dengan sendirinya tanpa kita harus memindahkan/drag gambar satu persatu.



  • Lalu kita kembali ke Script dan tambahkan kodingan seperti dibawah untuk 8 gambar untuk 10 gambar yang kita ambil acak sebagai puzzlenya.




  • Jika sudah memasukkan kodingan seperti diatas, lalu play. Maka di bagian Game Puzzles,gambar-gambar sudah masuk ke dalam element-element puzzlenya. Disini terdapat 2 gambar yang sama yang nantinya gameplay dari puzzle tersebut akan menyocokkan gambar yang sama di tempat yang acak.



  • Berikutnya kita tambahkan kodingan seperti dibawah, yang nantinya fungsi dari kodingannya akan menyeleksi gambar-gambar yang sama, menutup kembali gambar yang tidak sama. Menunjukkan berapa banyak gambar yang telah kita cocokkan.










  • Jika sudah, maka game telah selesai, dan permainan bisa mulai kita mainkan.



Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=qaCjBh7bWz0&index=1&list=PLZhNP5qJ2IA2DA4bzDyxFMs8yogVQSrjW+-+AwesomeTuts&noredirect=1 

Comments

  1. Kenapa ya tombol btn dapat di klik dua kali,,jadi ga seru puzzlenya kalo 1 image dapat di klik dua kali,apa ada yang salah pada script game control..!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PERBEDAAN ANTARA ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mengkaji mengenai masalah-masalah sosial yang terjadi didalam masyarakat. Ilmu sosial dasar ini sangat penting untuk diterapkan didalam masyarakat karena dengan mempelajari ilmu sosial dasar ini masyarakat dapat mengatasi masalah sosial yang sering terjadi sehingga tidak menimbulkan perpecahan antar masyarakat. Ilmu sosial dasar ini saat ini sudah masuk ke dalam kurikulum pembelajaran di perguruan tinggi dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai sosial sehingga para mahasiswa dapat memahami bahwa adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah yang selalu ada didalam masyarakat, menyadari bahwa setiap masalah sosial bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat itu bersifat kompleks dan cara penyelesaiannya hanya dengan mempelajarinya, peka dan tanggap/cekatan terhadap masalah-masalah sosial yang ada didalam masyarakat untuk ikut serta dalam upaya menanggulangi masalah-masalah sosial tersebut. Ruang lingkup ilmu sosial dasar men

CLOUD COMPUTING dan GRID COMPUTING

A.    Cloud Computing Pengertian Cloud Computing Cloud Computing atau komputasi awan merupakan kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Sebutan cloud sendiri merupakan sebuah istilah yang diberikan pada teknologi jaringan internet. Pada teknlogi komputasi berbasis awan semua data berada dan disimpan di server internet, begitu juga dengan aplikasi ataupun software yang pada umumnya dibutuhkan pengguna semuanya berada di komputer server. Sehingga kita tidak perlu melakukan instalasi pada server. Tetapi pengguna harus terhubung ke internet untuk bisa mengakses dan menjalankan aplikasi yang berada di server tersebut. Dengan kata lain pengguna bisa saja hanya menyediakan sebuah komputer dan perangkat jaringan internet untuk bisa terhubung ke server internet dan menyimpan data di komputer server tanpa harus menyediakan hard-disk yang berkapasitas besar pada komputernya sendiri untuk menyimpan datanya. Jenis-Jenis Cloud Computing Be

METODE GREEDY, DIVIDE AND CONQUER

METODE GREEDY      Metode/Algoritma Greedy merupakan algoritma yang membentuk solusi langkah per langkah. Pada setiap langkah tersebut akan dipilih keputusan yang paling optimal. Keputusan tersebut tidak perlu memperhatikan keputusan selanjutnya yang akan diambil, dan keputusan tersebut tidak dapat diubah lagi pada langkah selanjutnya. a. Prinsip Utama Algoritma Greedy Prinsip utama algoritma greedy adalah ?take what you can get now!?. Maksud dari prinsip tersebut adalah sebagai berikut: Pada setiap langkah dalam algoritma greedy, kita ambil keputusan yang paling optimal untuk langkah tersebut tanpa memperhatikan konsekuensi pada langkah selanjutnya. Kita namakan solusi tersebut dengan optimum lokal. Kemudian saat pengambilan nilai optimum lokal pada setiap langkah, diharapkan tercapai optimum global, yaitu tercapainya solusi optimum yang melibatkan keseluruhan langkah dari awal sampai akhir. Contoh kasus algoritma greedy : Misalkan tersedia koin : 1, 3, 5. Uang senila