Skip to main content

Penampilan Grafik Scene Game Komputer

Nama             : Gabriel Baruch Krisnanta
NPM              : 54414411
Kelas             : 3IA21
Mata Kuliah   : Pengantar Teknologi Games
Nama Dosen  : Syefani Rahma Deski
Judul/Bab       : Penampilan Grafik Scene Game Komputer / 7

     A.   Pengertian Visibility
Pengertian Visibility merupakan  tampilan grafik scene game pada komputer. Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga user menikmati game tersebut.
Biasanya pada video game terdapat istilah scene 2.5D. Sebenarnya istilah tersebut tidak berbeda jauh dari scene 2D (dua dimensi). Hanya saja 2.5D memiliki beberapa fitur tambahan berupa efek cahaya, bayangan dan sebagainya  yang dibuat agar seakan-akan menyerupai scene 3D.
Biasanya gameplaynya memang mirip game 2D dimana kita hanya bisa bergerak secara horizontal dan vertical namun beberapa gambarnya di render secara 3D. Teori grafik 2.5D ini biasa juga disebut dengan pseudo-3D sedangkan pada istilah game lebih dikenal dengan isometric/diametric/trimetric projection.
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
·         3 Dimensi object/model
ini merupakan model/object 3D yang nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata, musuh, permukaan tanah, pohon, dan bukit. Object 3D seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash, dan Blender.
·         2 Dimensi graphic
Gambar 2D juga berperan dalam membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object, sebagai latar belakang seperti  langit dan pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game racing.
Kegunaan 2.5D dalam game adalah sebagai pengaturan gerakan seperti golden axe, double dragon, path finding yang biasanya cukup sederhana. Hal ini berguna untuk mengikuti posisi pemain dan agar game lebih 'hidup'. Pada video game, biasanya scene 2.5D ini lebih digunakan dalam visualisasi geografis (GVIS) untuk membantu memahami representasi visual spasial-kognitif atau visualisasi 3D.

     B.   Pengertian Level Of Detail (LOD)
Level Of Detail (LOD) merupakan suatu  tingkat detaildari suatu objek atau kumpulan polygon.  LOD berfungsi untuk  mengurangi  banyaknya polygon  yang  akan digambar dengan menggunakan parameter tertentu. Fungsi lain  yang  mungkin  dapat  digunakan  dari  LOD  adalah kompresi  pada  penyimpanan  objek  dengan  memperkecil tingkat detail dari suatu objek
Ada 2 algoritma yang umumnya digunakan, yaitu Discrete LOD dan Continuous LOD.
1.      Discrete LOD didasarkan pada pembagian wilayah yang berjumlah hingga, masing-masing dengan level of detail tertentu. Hasilnya adalah jumlah diskrit detail level.
2.      Continuos LOD menganggap bahwa polygon mesh dirender sebagai suatu fungsi yang harus dievaluasi untuk menghindari error. Fungsi mesh tersebbut kemudian dievaluasi secara kontinyu dan menghasilkan versi yang telah teroptimalisasi antara kualitas visual dan perfomance.

     C.   Contoh Game yang Memiliki Storyboard dan Level

1.      Plant VS Zombie
Di Plants vs. Zombies, pemain akan memilih tanaman (dan jamur) dan menaruhnya di sekitar rumah (area berbeda setiap tingkat) untuk menghadapi dan mempertahankan pemilik rumah (pemain) dari serangan zombi. Banyak tanaman hanya bisa menyerang di baris tempat dia berada, namun ada beberapa yang dapat menyerang hingga 3 baris sekaligus (contohnya Threepeater). Zombi selalu masuk ke area permainan dan berjalan di salah satu baris (kecuali jika menggigit bawang putih mereka akan berpindah baris). Dalam permainan, terdapat pemotong rumput dan pembersih kolam (pada tingkat halaman belakang rumah) di ujung kiri halaman yang dapat menghancurkan semua zombi di baris, tetapi alat itu tidak bisa dipakai ulang sampai tingkat berikutnya. Kebanyakan zombi akan memakan tanaman yang dihadapinya (walaupun ada juga jenis zombi yang melompati, menghancurkan, dan terbang diatas tanaman).

Pemain memulai dengan memilih dan menanam tanaman yang telah dipilih sebelumnya dan melihat zombi apa saja yang ada. Tanaman baru bisa didapat di akhir tingkat. Untuk menanam tanaman, pemain harus mengumpulkan poin-poin matahari yang berasal dari tanaman bunga matahari ataupun dari langit. Setiap tanaman diberi harga. Kebanyakan tanaman bisa dimakan dengan mudah oleh zombi. Jamur perlu dibangunkan dengan biji kopi jika dipakai di tingkat siang. Tanaman perlu ditanam di atas bunga teratai (kecuali tanaman air) jika ingin ditanam di air dan perlu ditanam di pot bunga untuk ditanam di atap. Ada banyak jenis tanaman dengan kemampuan masing-masing, ada tanaman yang bisa menembakkan projectiles mereka ke zombi, menghasilkan matahari atau langsung membunuh zombi dengan cara membakarnya, menindihnya, maupun memakannya.
Zombi juga bermacam-macam jenisnya, ada yang kuat, berjalan cepat, bisa langsung menghancurkan tanaman, mampu terbang dengan sebuah balon, bahkan ada yang mampu menari seperti Michael Jackson (diganti dengan zombi disko di versi "Game of the Year") yang bisa mengeluarkan zombie lain dari bawah tanah. Ada level progress di bagian bawah layar. Setiap gelombang besar, banyak zombi muncul bersamaan dan ketika gelombang akhir, ada zombi yang muncul dari dalam kolam, kuburan atau ditaruh oleh zombie bungee.

2.      Zuma Deluxe
Zuma Deluxe adalah game yang berkategori Game Puzzle yang diharuskan menembakkan bola yang berwarna pada deretan atau barisan yang sama warna bolanya, minimal 3 bola dengan warna yang sama, sehingga bola tersebut akan menghilang dan terus berulang-ulang agar supaya deretan atau barisan bola dengan warna warni tersebut bisa habis dan anda akan dibawa ke level selanjutnya, akan tetapi level demi level akan semakin sulit. Game zuma Deluxe ini tidak memandang usia, permainan satu ini cocok untuk anak-anak, remaja serta dewasa atau orang tua juga cocok bermain game zuma deluxe ini.
Game ini yang dibangun Single player atau dengan satu pemain harus menyelesaikan 4 Level yang tiap-tiap Level nya memiliki rintangan yang berbeda-beda, untuk level : 1. Rabbit 3. Jaguar 2. Eagle 4. Sun god


Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

PERBEDAAN ANTARA ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mengkaji mengenai masalah-masalah sosial yang terjadi didalam masyarakat. Ilmu sosial dasar ini sangat penting untuk diterapkan didalam masyarakat karena dengan mempelajari ilmu sosial dasar ini masyarakat dapat mengatasi masalah sosial yang sering terjadi sehingga tidak menimbulkan perpecahan antar masyarakat. Ilmu sosial dasar ini saat ini sudah masuk ke dalam kurikulum pembelajaran di perguruan tinggi dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai sosial sehingga para mahasiswa dapat memahami bahwa adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah yang selalu ada didalam masyarakat, menyadari bahwa setiap masalah sosial bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat itu bersifat kompleks dan cara penyelesaiannya hanya dengan mempelajarinya, peka dan tanggap/cekatan terhadap masalah-masalah sosial yang ada didalam masyarakat untuk ikut serta dalam upaya menanggulangi masalah-masalah sosial tersebut. Ruang lingkup ilmu sosial dasar men

CLOUD COMPUTING dan GRID COMPUTING

A.    Cloud Computing Pengertian Cloud Computing Cloud Computing atau komputasi awan merupakan kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Sebutan cloud sendiri merupakan sebuah istilah yang diberikan pada teknologi jaringan internet. Pada teknlogi komputasi berbasis awan semua data berada dan disimpan di server internet, begitu juga dengan aplikasi ataupun software yang pada umumnya dibutuhkan pengguna semuanya berada di komputer server. Sehingga kita tidak perlu melakukan instalasi pada server. Tetapi pengguna harus terhubung ke internet untuk bisa mengakses dan menjalankan aplikasi yang berada di server tersebut. Dengan kata lain pengguna bisa saja hanya menyediakan sebuah komputer dan perangkat jaringan internet untuk bisa terhubung ke server internet dan menyimpan data di komputer server tanpa harus menyediakan hard-disk yang berkapasitas besar pada komputernya sendiri untuk menyimpan datanya. Jenis-Jenis Cloud Computing Be

METODE GREEDY, DIVIDE AND CONQUER

METODE GREEDY      Metode/Algoritma Greedy merupakan algoritma yang membentuk solusi langkah per langkah. Pada setiap langkah tersebut akan dipilih keputusan yang paling optimal. Keputusan tersebut tidak perlu memperhatikan keputusan selanjutnya yang akan diambil, dan keputusan tersebut tidak dapat diubah lagi pada langkah selanjutnya. a. Prinsip Utama Algoritma Greedy Prinsip utama algoritma greedy adalah ?take what you can get now!?. Maksud dari prinsip tersebut adalah sebagai berikut: Pada setiap langkah dalam algoritma greedy, kita ambil keputusan yang paling optimal untuk langkah tersebut tanpa memperhatikan konsekuensi pada langkah selanjutnya. Kita namakan solusi tersebut dengan optimum lokal. Kemudian saat pengambilan nilai optimum lokal pada setiap langkah, diharapkan tercapai optimum global, yaitu tercapainya solusi optimum yang melibatkan keseluruhan langkah dari awal sampai akhir. Contoh kasus algoritma greedy : Misalkan tersedia koin : 1, 3, 5. Uang senila