Skip to main content

PROPOSAL PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI

Nama : Gabriel Baruch Krisnanta (54414411)
Kelompok :
Aji Prayitno (50414677) klik
Bemby Aditya P (52414125) klik
Dhini Harnes S (52414941) klik
Debby Purwati (52414597) klik
Ifal Revo A (55414090) klik
Ilham Dwi S (55414173) 
Lutfianto Triatmojo  (56414183) klik
Muhammad Irfan  (57414367) klik
Muhammad Rezha P (57414491) klik
Nur Rohimah (58414184) klik
Wandi Muhammad A (5C414180) klik




PROPOSAL PROYEK TEKNOLLOGI INFORMASI
PEMASANGAN PERANGKAT KOMPUTER UNTUK LABORATORIUM SEKOLAH




BAB I
PENDAHULUAN

1.1       LATAR BELAKANG MASALAH
Teknologi komputer berkembang sangat pesat di era globalisasi ini. Begitu juga dengan kebutuhan perangkat komputer. Perkembangan komputer yang sangat pesat, maka persaingan di era teknologi sangatlah sulit. Maka dari itu perangkat komputer yang di sediakan oleh sekolah sangatlah membantu siswa dalam pembelajaran dan pembekalan siswa di masa yang akan datang. Fasilitas di sekolah akan menambah kualitas sebuah sekolah serta siswapun memiliki bekal teknologi yang kuat di dunia kerja atau perkuliahan.
Perangat komputer memakan biaya yang tidak sedikit, dengan proyek ini, maka biaya tersebut akan lebih murah di bandingan harga perangkat komputer satuan. Akan tetapi dengan proyek ini, manfaat yang diterima pihak sekolah akan lebih besar dan bermanfaat.

1.2       TUJUAN
Adapun tujuan yang dicapai adalah membuat pelajar lebih mengenal teknologi sebagai sarana yang bermanfaat dan meningkatkan kreatifitas pelajar dalam menggunakan teknologi.

1.3       MANFAAT
Manfaat yang di terima pihak sekolah yaitu menambah sarana dan prasarana sekolah agar sekolah lebih maju. Manfaat yang di terima oleh siswa yaitu menambah wawasan dalam penggunaan teknologi komputer sebagai bekal di masa depan.




BAB 2
ANALISIS PERUSAHAAN

2.1      PROSPEK USAHA  
Dengan berdirinya perusahaan yang bergerak di bidang IT ini dan semakin berkembangnya peran teknologi dalam kehidupan masyarakat, maka perusahaan ini diprediksikan akan terus bertahahan dan maju untuk membantu sekolah - sekolah dalam pengadaan sarana dan prasarana khususnya perangkat komputer yang menunjang dalam teknologi sehingga semakin meningkatkan fasilitas dan kemajuan teknologi itu sendiri. Dengan kemajuan teknologi itu sendiri sangat memungkinkan untuk pengadaan komputer yang lebih banyak pada semua sekolah sehingga perusahaan akan terus bertahan.

2.2      SASARAN         
Sarana dan prasarana perangkat komputer ini bertujuan untuk memajukan dan meningkatkan kualitas mutu sekolah dan meningkatkan kreatifitas siswa dalam penggunaan teknologi sehingga siap untuk dunia kerja atau perkuliahan. Oleh karena itu sekolah merupakan partner yang tepat untuk dijadikan kerja sama dalam projek ini.

2.3      RISIKO
Evaluasi tentang Usaha (Analisis SWOT)
Kelebihan (Strength)
Dengan produk perangkat komputer yang berkualitas dan terjangkau, perusahaan ini dapat memenuhi kebutuhan client (Sekolah) yang membutuhkan pengadaan perangkat komputer.
Kelemahan (Weaknes)
Persaingan pasar dengan perusahaan luar yang memiliki perangkat komputer dengan harga yang lebih murah.
Peluang (Oportunity)
Peluang sangat terbuka karena banyak sekali sekolah - sekolah yang belum memiliki perangkat komputer untuk fasilitas mereka. Kemajuan teknologi yang semakin berkembang sehingga perangkat terus berkembang juga membuka peluang untuk mengganti perangkat komputer lama dengan yang baru.
Ancaman (Threaty) 
Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan sehingga menimbulkan persaingan.

2.4   Kelebihan
Sengitnya persaingan perusahaan jasa IT membuat sebuah perusahaan harus memiliki kelebihan di bandingkan perusahaan-perusahaan lain. Berikut perbandingan kelebihan dengan perusaahaan lain

No
Keterangan
Perusahaan kami
Perusahaan lain
keuntungan
1
Waktu perakitan
1 bulan
2 bulan
Menghemat waktu
2
Harga perangkat
122,242,000
140,000,000
Menghemat biaya
3
Metode pemebayaran
Setelah tanda tangan MOU dan dp 50%, rakitan dapat langsung di kerjakan. Setelah perakitan selesai,  sisa pembayaran nya harus di lunasi hingga 3 bulan
Setelah tanda tangan MOU dan dp 70%, rakitan dapat langsung di kerjakan. sisa pembayaran nya harus di lunasi selama masa perakitan
Menghemat biaya dan kecil kerugian
4
Garansi
2 tahun
1 tahun
Kecil kerugian



BAB III
PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA

3.1    METODE PELAKSANAAN
          Pemasangan alat direncanakan melalui tahap :
1.    Pengecekan alat yang digunakan
2.    Perangkaian alat
3.    Pemasangan Komputer dan jaringan
4.    Pengujian alat yang telah dirangkai
3.2    JADWAL PELAKSANAAN PEKERJAAN
NO
KEGIATAN
MINGGU
A
PERSIAPAN
I
II
III
IV
1.
Penetapan Rencana Kerja
P
2.
Persiapan Bahan
P
P
3.
Persiapan Alat
P
P
B
PELAKSANAAN
1.
Instalasi Jaringan Kelistrikan
P
P
P
P
2.
Pemasangan UPS
P
3.
Perangkaian Komputer Server
P
Perangkaian Komputer Client
P
P
P
4.
Instalasi Jaringan Lokal & Internet
P
P
P
5.
Testing Atau Uji Coba
P
P
P
C
PENYUSUNAN LAPORAN
1.
Menyusun Laporan
P
P
P
2.
Perbaikan Laporan
P
P
P
3.
Pengadaan Laporan Akhir
P
4.
Pengiriman Laporan
P



3.3    ESTIMASI BIAYA
NO
NAMA
KETERANGAN
BANYAK
HARGA/SATUAN (Rp)
JUMLAH (Rp)
1.
Komputer Server
Intel Core i5-4460 @3.40Ghz; WD Blue 1TB SATA; VGA Intel GMA OnBoard upto 256MB; 8GB DDR3 1333 Mhz; OS Dual Boot Windows/Linux
1
7,000,000
7,000,000
2.
Komputer Client
Intel Core2 Duo @2.4Ghz; 250GB SATA; VGA Intel GMA OnBoard upto 256MB; 2GB DDR3 1066 Mhz
40
2,600,000
104,000,000
3.
Instalasi UPS
Cadangan Listrik untuk Server
1
300,000
4.
Instalasi Jaringan dan Kelistrikan
Instalasi Jaringan Pengkabelan
42
200,000
8,400,000
5.
RJ 45
Connector Generik
1KG
45,000
6.
Switch 8 Port
LINKSYS SE2800
5
499,400
2,497,000
TOTAL
122,242,000





3.4     Contoh Gambar Produk yang akan diggunakan
         
           Komputer Server                                                  
              

            Spesifikasi
            CPU                         : Intel Core i5-4460
 Processor Speed     : 3.40Ghz
 HDD                         : WD Blue 1TB SATA
 Model GPU              : VGA Intel GMA OnBoard upto 256MB
 RAM                         : 8GB DDR3 1333 Mhz
 Wi – Fi                      : Intel Dual Band Wireless-AC 7265
 Konektifitas               : HDMI, USB2.0, USB3.0, Bluetooth
            Sistem Operasi         : OS Dual Boot Windows/Linux            

            Komputer Client     
                                                 
                                                                                                            

           Spesifikasi

           CPU                         : Intel Core2 Duo
Processor Speed     : 2.4Ghz
HDD                         : 250GB SATA
Model GPU              : VGA Intel GMA OnBoard upto 256MB
RAM                         : 2GB DDR3 1066 Mhz
Konektifitas              : HDM, USB2.0, USB3.0
Wi – Fi                      : IEEE802.11a/b/g/n
Sistem Operasi         : Windows

Switch 8 Port                                                                        





            Spesifikasi
            Product Code   : SE2800
            Standards         : IEEE802.3, IEEE802.3u, IEEE802.3ab, IEEE802.3x
            Ports                 : 8 x RJ45
            Speed               : 10/100/1000Mbps
            LEDs                 : Back Panel, Ethernet (on port), power
            Power                : 12V, 0.5A
            Dimensions       : 7.56" x 5.83" x 1.18"
            Weight               : 0.64 lbs.
            Power Saving    : Cable connected detection, Cable length detection,                                              Sleep Mode
            Temperature      : 0ºC to 40ºC (32ºF to 104ºF)

3.5       Lampiran
                 Struktur Oganisasi 



            Tabel Produk
#
Produk
Merk
1.
Komputer Server
Acer
2.
Komputer Client
Acer
3.
Switch 8 Port
Acer


Comments

Popular posts from this blog

PERBEDAAN ANTARA ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mengkaji mengenai masalah-masalah sosial yang terjadi didalam masyarakat. Ilmu sosial dasar ini sangat penting untuk diterapkan didalam masyarakat karena dengan mempelajari ilmu sosial dasar ini masyarakat dapat mengatasi masalah sosial yang sering terjadi sehingga tidak menimbulkan perpecahan antar masyarakat. Ilmu sosial dasar ini saat ini sudah masuk ke dalam kurikulum pembelajaran di perguruan tinggi dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai sosial sehingga para mahasiswa dapat memahami bahwa adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah yang selalu ada didalam masyarakat, menyadari bahwa setiap masalah sosial bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat itu bersifat kompleks dan cara penyelesaiannya hanya dengan mempelajarinya, peka dan tanggap/cekatan terhadap masalah-masalah sosial yang ada didalam masyarakat untuk ikut serta dalam upaya menanggulangi masalah-masalah sosial tersebut. Ruang lingkup ilmu sosial dasar men

CLOUD COMPUTING dan GRID COMPUTING

A.    Cloud Computing Pengertian Cloud Computing Cloud Computing atau komputasi awan merupakan kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Sebutan cloud sendiri merupakan sebuah istilah yang diberikan pada teknologi jaringan internet. Pada teknlogi komputasi berbasis awan semua data berada dan disimpan di server internet, begitu juga dengan aplikasi ataupun software yang pada umumnya dibutuhkan pengguna semuanya berada di komputer server. Sehingga kita tidak perlu melakukan instalasi pada server. Tetapi pengguna harus terhubung ke internet untuk bisa mengakses dan menjalankan aplikasi yang berada di server tersebut. Dengan kata lain pengguna bisa saja hanya menyediakan sebuah komputer dan perangkat jaringan internet untuk bisa terhubung ke server internet dan menyimpan data di komputer server tanpa harus menyediakan hard-disk yang berkapasitas besar pada komputernya sendiri untuk menyimpan datanya. Jenis-Jenis Cloud Computing Be

METODE GREEDY, DIVIDE AND CONQUER

METODE GREEDY      Metode/Algoritma Greedy merupakan algoritma yang membentuk solusi langkah per langkah. Pada setiap langkah tersebut akan dipilih keputusan yang paling optimal. Keputusan tersebut tidak perlu memperhatikan keputusan selanjutnya yang akan diambil, dan keputusan tersebut tidak dapat diubah lagi pada langkah selanjutnya. a. Prinsip Utama Algoritma Greedy Prinsip utama algoritma greedy adalah ?take what you can get now!?. Maksud dari prinsip tersebut adalah sebagai berikut: Pada setiap langkah dalam algoritma greedy, kita ambil keputusan yang paling optimal untuk langkah tersebut tanpa memperhatikan konsekuensi pada langkah selanjutnya. Kita namakan solusi tersebut dengan optimum lokal. Kemudian saat pengambilan nilai optimum lokal pada setiap langkah, diharapkan tercapai optimum global, yaitu tercapainya solusi optimum yang melibatkan keseluruhan langkah dari awal sampai akhir. Contoh kasus algoritma greedy : Misalkan tersedia koin : 1, 3, 5. Uang senila