Skip to main content

Penampilan Grafik Scene Game Komputer

Nama             : Gabriel Baruch Krisnanta
NPM              : 54414411
Kelas             : 3IA21
Mata Kuliah   : Pengantar Teknologi Games
Nama Dosen  : Syefani Rahma Deski
Judul/Bab       : Penampilan Grafik Scene Game Komputer / 7

     A.   Pengertian Visibility
Pengertian Visibility merupakan  tampilan grafik scene game pada komputer. Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga user menikmati game tersebut.
Biasanya pada video game terdapat istilah scene 2.5D. Sebenarnya istilah tersebut tidak berbeda jauh dari scene 2D (dua dimensi). Hanya saja 2.5D memiliki beberapa fitur tambahan berupa efek cahaya, bayangan dan sebagainya  yang dibuat agar seakan-akan menyerupai scene 3D.
Biasanya gameplaynya memang mirip game 2D dimana kita hanya bisa bergerak secara horizontal dan vertical namun beberapa gambarnya di render secara 3D. Teori grafik 2.5D ini biasa juga disebut dengan pseudo-3D sedangkan pada istilah game lebih dikenal dengan isometric/diametric/trimetric projection.
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
·         3 Dimensi object/model
ini merupakan model/object 3D yang nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata, musuh, permukaan tanah, pohon, dan bukit. Object 3D seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash, dan Blender.
·         2 Dimensi graphic
Gambar 2D juga berperan dalam membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object, sebagai latar belakang seperti  langit dan pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game racing.
Kegunaan 2.5D dalam game adalah sebagai pengaturan gerakan seperti golden axe, double dragon, path finding yang biasanya cukup sederhana. Hal ini berguna untuk mengikuti posisi pemain dan agar game lebih 'hidup'. Pada video game, biasanya scene 2.5D ini lebih digunakan dalam visualisasi geografis (GVIS) untuk membantu memahami representasi visual spasial-kognitif atau visualisasi 3D.

     B.   Pengertian Level Of Detail (LOD)
Level Of Detail (LOD) merupakan suatu  tingkat detaildari suatu objek atau kumpulan polygon.  LOD berfungsi untuk  mengurangi  banyaknya polygon  yang  akan digambar dengan menggunakan parameter tertentu. Fungsi lain  yang  mungkin  dapat  digunakan  dari  LOD  adalah kompresi  pada  penyimpanan  objek  dengan  memperkecil tingkat detail dari suatu objek
Ada 2 algoritma yang umumnya digunakan, yaitu Discrete LOD dan Continuous LOD.
1.      Discrete LOD didasarkan pada pembagian wilayah yang berjumlah hingga, masing-masing dengan level of detail tertentu. Hasilnya adalah jumlah diskrit detail level.
2.      Continuos LOD menganggap bahwa polygon mesh dirender sebagai suatu fungsi yang harus dievaluasi untuk menghindari error. Fungsi mesh tersebbut kemudian dievaluasi secara kontinyu dan menghasilkan versi yang telah teroptimalisasi antara kualitas visual dan perfomance.

     C.   Contoh Game yang Memiliki Storyboard dan Level

1.      Plant VS Zombie
Di Plants vs. Zombies, pemain akan memilih tanaman (dan jamur) dan menaruhnya di sekitar rumah (area berbeda setiap tingkat) untuk menghadapi dan mempertahankan pemilik rumah (pemain) dari serangan zombi. Banyak tanaman hanya bisa menyerang di baris tempat dia berada, namun ada beberapa yang dapat menyerang hingga 3 baris sekaligus (contohnya Threepeater). Zombi selalu masuk ke area permainan dan berjalan di salah satu baris (kecuali jika menggigit bawang putih mereka akan berpindah baris). Dalam permainan, terdapat pemotong rumput dan pembersih kolam (pada tingkat halaman belakang rumah) di ujung kiri halaman yang dapat menghancurkan semua zombi di baris, tetapi alat itu tidak bisa dipakai ulang sampai tingkat berikutnya. Kebanyakan zombi akan memakan tanaman yang dihadapinya (walaupun ada juga jenis zombi yang melompati, menghancurkan, dan terbang diatas tanaman).

Pemain memulai dengan memilih dan menanam tanaman yang telah dipilih sebelumnya dan melihat zombi apa saja yang ada. Tanaman baru bisa didapat di akhir tingkat. Untuk menanam tanaman, pemain harus mengumpulkan poin-poin matahari yang berasal dari tanaman bunga matahari ataupun dari langit. Setiap tanaman diberi harga. Kebanyakan tanaman bisa dimakan dengan mudah oleh zombi. Jamur perlu dibangunkan dengan biji kopi jika dipakai di tingkat siang. Tanaman perlu ditanam di atas bunga teratai (kecuali tanaman air) jika ingin ditanam di air dan perlu ditanam di pot bunga untuk ditanam di atap. Ada banyak jenis tanaman dengan kemampuan masing-masing, ada tanaman yang bisa menembakkan projectiles mereka ke zombi, menghasilkan matahari atau langsung membunuh zombi dengan cara membakarnya, menindihnya, maupun memakannya.
Zombi juga bermacam-macam jenisnya, ada yang kuat, berjalan cepat, bisa langsung menghancurkan tanaman, mampu terbang dengan sebuah balon, bahkan ada yang mampu menari seperti Michael Jackson (diganti dengan zombi disko di versi "Game of the Year") yang bisa mengeluarkan zombie lain dari bawah tanah. Ada level progress di bagian bawah layar. Setiap gelombang besar, banyak zombi muncul bersamaan dan ketika gelombang akhir, ada zombi yang muncul dari dalam kolam, kuburan atau ditaruh oleh zombie bungee.

2.      Zuma Deluxe
Zuma Deluxe adalah game yang berkategori Game Puzzle yang diharuskan menembakkan bola yang berwarna pada deretan atau barisan yang sama warna bolanya, minimal 3 bola dengan warna yang sama, sehingga bola tersebut akan menghilang dan terus berulang-ulang agar supaya deretan atau barisan bola dengan warna warni tersebut bisa habis dan anda akan dibawa ke level selanjutnya, akan tetapi level demi level akan semakin sulit. Game zuma Deluxe ini tidak memandang usia, permainan satu ini cocok untuk anak-anak, remaja serta dewasa atau orang tua juga cocok bermain game zuma deluxe ini.
Game ini yang dibangun Single player atau dengan satu pemain harus menyelesaikan 4 Level yang tiap-tiap Level nya memiliki rintangan yang berbeda-beda, untuk level : 1. Rabbit 3. Jaguar 2. Eagle 4. Sun god


Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Profile Perusahaan BHINNEKA.COM

Tugas Softskill 1 PT Bhinneka Mentari Dimensi (Bhinneka.com) Bhinneka.com lahir dari situasi genting di saat krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun 1997-1998 yang kemudian berkembang menjadi krisis sosial politik.  PT Bhinneka Mentari Dimensi lahir tahun 1993 dan memilih bidang teknologi informasi sebagai inti bisnisnya. Fokus pertama dimulai dari distribusi produk IT seperti PC Build Up dan PC Compatible, Peripherals, rancang bangun perangkat lunak jasa jaringan (Lan/Wan), solusi video editing hingga pusat servis. Saat krisis, nyaris lumpuh juga bisnis PT Bhinneka Mentari Dimensi, berbagai ektensifikasi bisnis yang dipikir mampu mendongkrak bisnis dilakukan untuk survive, di saat itulah Nicholas Tio & Hendrik Tio melihat peluang yang barangkali dapat dilakukan, yaitu perkembangan internet yang luar biasa di USA. Maka situs Bhinneka.com yang masih berupa profil perusahaan, disetujui untuk dijadikan model online store. Maka pada 1 Juni 1999, dengan 24 pers...

Arti dari Sebuah Keindahan

Keindahan Apa sih keindahan itu? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya. Keindahan adalah sifat-sifat yang merujuk kepada sesuatu yang indah di mana manusia mengekspresikan perasaan indah tersebut melalui berbagai hal yang mengandung unsur estetis yang dinilai secara umum oleh masyarakat. Menurut The Liang Gie dalam bukunya “ Garis Besar Estetik” (Filsafat Keindahan), dalam bahasa Inggris Keindahan diterjemahkan dengan kata “Beautiful”, bahasa Perancis “Beau” , Italia dan Spanyol “Bello” , kata-kata itu ber asal dar i bahasa Latin “Bellum” , akar katanya adalah “Bonum” yang berarti Kebaikan kemudian mempunyai bentuk pengecila...

Tutorial Membuat Puzzle Game dengan Unity 5.2

Tutorial Membuat Puzzle Game dengan Unity 5.2 Tugas Kelompok 6 :  Achmad Rofiq El Fakih Lutfianto Triatmojo Bagas Andhika Sakti Bemby Aditya Gabriel Baruch K.     Buat Project dengan nama “Puzzle Game1” untuk pacakages 2D seperti dibawah, lalu create project. Akan muncul tampilan dibawah seperti ini.     Buat folder di bagian bawah dengan cara Create > Folder, lalu namai Folder tersebut dengan Scenes. Berikutnya buat panel dengan cara klik GameObject > UI > Panel. Jika sudah maka akan seperti tampilan dibawah ini, berikutnya ubah render mode menjadi Screen Space – Camera. Lalu drag Main Camera ke Render Camera. Berikutnya ubah UI Scale Mode menjadi Scale with Screen size, setelah itu ubah reference solution menjadi    X 1280 dan Y 720 dan ubah match menjadi 0,5. Jika sudah kita akan membuat button untuk puzzlenya. Dengan cara GameObject ...