Nama : Gabriel Baruch Krisnanta
NPM : 54414411
Kelas : 3IA21
Mata Kuliah :
Pengantar Teknologi Games
Nama
Dosen : Syefani Rahma Deski
PENDAHULUAN
KONSEP PEMBUATAN GAME
1.
Script dan Skenario
Perkembangan teknologi
komputer sangat mempengaruhi perkembangan yang ada dalam dunia game.
Pembentukan karakter pada game semakin mendekati dengan keadaan sebenarnya pada
dunia nyata. Ketika proses pembuatan game membutuhkan susunan yang lebih
kompleks, timbullah kebutuhan untuk memisahkan konten (desain perilaku) dari
mesin. Kehandalan seorang desainer game benar-benar dibutuhkan untuk merancang
perilaku yang luas dari karakter. Banyak tersedia berbagai macam bentuk bahasa
pemrograman yang ada. Tentunya dari kesemuanya itu memiliki kelebihan dan
kekurangan masing-masing. Maka game developer harus benar-benar teliti dalam memilih
bahasa dan menyusun script untuk membuat suatu game, agar nantinya game dapat
berjalan lancar, tanpa bug, dan mampu menjalankan script dengan kebutuhan
hardware seminimum mungkin.
2.
Jalan Cerita
jalan cerita menentukan
awal dan akhir dari game itu sendiri. Tanpa jalan cerita yang jelas, pemain
akan bingung mengikuti alur game tersebut sehingga membuat mereka menutup
browser mereka dan mematikan komputernya. Tetapi dalam suatu genre game, jalan
cerita tidak dibutuhkan seperti Arcade, Simulation, dll. Namun, misalnya, untuk
RPG, sudah jelas membutuhkan alur cerita. Jalan cerita juga hendaknya unik dan
berbeda dengan jalan cerita dari game-game yang sudah ada, sehingga tidak
menimbulkan kebosanan kepada pengguna. Supaya menambah rasa semangat kepada
pengguna untuk ingin menamatkan game maka buatlah jalan cerita yang membuat si
pengguna tidak menduga akan jalan ceritanya, serta membuat rasa penasaran yang
tinggi.
3.
Grafik
Tentukan style anda dalam
membuat game, apakah dengan detail yang tinggi, atau sederhana. Sebaiknya dalam
menentukan style grafis, disesuaikan dengan konsep. Contohnya, bila ingin membuat
game untuk anak-anak. Maka buatlah gambar yang tidak terlalu banyak detail dan
dengan warna terang dan buatlah karakter yang lucu dan imut agar anak-anak
tertarik memainkannya.
Video game terbagi dua menurut dimensinya, yaitu:
-2D (two dimension)
Game dua dimensi dapat
diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi ( X dan Y).
Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk
membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat
gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).
Kerealisasian gerakan
ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta
hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi hitungan gambar
per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan)). Bagi pemula
sebaiknya mencoba untuk membuat game bertipe 2D terlebih dahulu.
-3D (three dimension)
Sama dengan dua dimensi ,
game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan ruangnya , hanya saja dalam 2D
hanya ada 2 sisi (X,Y), dalam game 3D anda akan menemui tiga sisi (X,Y,Z).
PENGERTIAN GAME
Game berasal dari kata bahasa inggris
yang berarti dasar permainan. permainan adalah cara bermain dengan mengikuti
aturan-aturan tertentu yang dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok
guna mencapai tujuan tertentu. Alat permainan adalah semua alat bermain yang
dapat digunakan oleh peserta didik untuk memenuhi naluri bermainnya dan
memiliki barbagai macam sifat, seperti bongkar pasang, mengelompokkan,
memadukan, mencari padanannya, merangkai, membentuk, atau menyusun sesuai
dengan bentuk aslinya.
JENIS-JENIS GAME
1. Jenis Game Berdasarkan Genrenya
-
Arcade
-
Fighting
-
Petualangan
-
Simulasi
-
Strategi
-
Puzzle
-
Olahraga
-
Action
-
Rol
Playing Game
2. Jenis Game Berdasarkan Kategori Lainnya
-
Casual
Game
-
Education
Game
-
Adver
Game
-
Multiplayer
Game
3. Jenis Game Berdasarkan Platformnya
-
PC
Games
-
Console
Games
-
Mobile
Games
-
Handheld
Games
TEKNOLOGI GAMES
Bisnis dalam Games
Komputer
Saat ini
Games bukan hanya sekedar hobi untuk memainkannya, tetapi Games saat ini dapat
menjadi peluang untuk mendapatkan profit(keuntungan) dengan cara membuatnya.
Dahulu mungkin kita hanya bisa untuk memainkan games yang tersedia didalam komputer
itu sendiri, akan tetapi para gamer yang memiliki hobi memainkan games mulai
memikirkan bagaimana caranya mendapatkan profit melalui games dan akhirnya apa
yang diinginkan oleh para gamer dapat terwujud dizaman teknologi saat ini.
Dimana kita dapat dengan mudah untuk membuat games sendiri dan menjualnya.
Games Komputer berbasis Online saat ini yang paling banyak digemari oleh para
gamer. Mulai dari games yang free (gratis) hingga yang berbayar. Sehingga tak
dapat dipungkiri bahwa bisnis dalam games komputer ini amat sangat
menguntungkan bagi para gamer yang hobi membuat games. Salah satu factor yang
membuat bisnis games ini sangat digemari adalah keuntungan yang didapatkan
sesuai dengan apa yang sudah dibuat.
3D Engine dan Scene
Graph
3D Engine
adalah suatu perangkat lunak (software) yang digunakan untuk membuat games
dalam bentuk 3D. Fungsi utama dari 3D engine adalah sebagai renderer grafik 3D,
animasi game, networking, physics engine, pengaturan grafik, scripting, dan
masih banyak lagi.
Scene Graph
adalah suatu teknik pengelolaan data atau struktur data yang biasanya dipakai
pada suatu aplikasi rekayasa grafis berbasis vektor dan pemodelan tiga dimensi
baik itu untuk keperluan video game ataupun yang lainnya dengan menggunakan
konsep graf berarah dan pohon m-ary. Beberapa program yang menggunakan Scene
Graph ini adalah AutoCad, Adobe Illustrator, Corel Draw, dll. Pengertian
teoritis dari Scene Graph ini sebenarnya tidak jelas atau kabur dikarenakan
para programmer yang menggunakan Scene Graph pada sebuah aplikasi hanya
mengambil prinsip dasarnya lalu mengimplementasikannya pada aplikasi tersebut
sesuai fungsi dari aplikasi tersebut.
Ogre 3D
OGRE (Object-Oriented Graphics
Rendering Engine) adalah mesin 3D adegan dan fokus pada keramahtamahan,
fleksibel yang ditulis dalam c yang dirancang untuk membuat lebih mudah dan
lebih intuitif bagi pengembang untuk menghasilkan aplikasi yang memanfaatkan
hardware-accelerated grafis 3D. Perpustakaan kelas abstrak semua rincian
menggunakan librari sistem dasar seperti Direct3D dan OpenGL dan menyediakan
sebuah antarmuka yang didasarkan pada benda-benda dunia dan kelas-kelas lain
intuitif.
Processing
Processing adalah bahasa pemrograman
dan lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk
memprogram gambar, animasi dan interaksi. Digunakan oleh pelajar, seniman,
desainer, peneliti, dan hobbyist untuk belajar, membuat prototipe, dan
produksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman
komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak
(software) dan tool produksi profesional. Processing bebas untuk didownload dan
tersedia untuk GNU/Linux, Mac OS X, dan Windows.
Processing adalah suatu projek
terbuka yang diinisiasi oleh Ben Fry dan Casey Reas. Berkembang dari ide-ide
yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di MIT Media Lab.
Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah kecil tim voluntir.
Processing mengaitkan konsep software
pada prinsip-prinsip bentuk rupa, gerak, dan interaksi. Processing
mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan
metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
Game Maker
Gamemaker (GM) adalah game engine
untuk pengembangan game 2D yang dibuat oleh YoYoGame. GM bertujuan membantu orang mengembangkan game
tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman terlebih dulu . GM menggunakan konsep
visual coding interface berbasis drag-drop sehingga cocok untuk pemula atau
orang yang belum kemampuan latar belakang pemrograman.
Bagi pengguna yang memiliki kemampuan
coding, GM menyediakan bahasa pemrograman untuk user yang membutuhkannya yang
disebut GameMaker Language (GML). GM dapat digunakan untuk membuat game 3D,
walaupun fokus utama tetap untuk game 2D.
Ada beberapa versi untuk GM, versi
gratis hanya dapat membuat aplikasi Desktop Windows dengan splash screen wajib,
versi Pro mendapat tambahan fitur texture management, export ke Windows App dan opsi untuk membeli
modul export platform lain seperti Android, HTML5, iOS. Sedangkan Versi Master
adalah yang mahal dan paling lengkap.
Unity 3D
Unity 3d adalah salah satu software
yang bagus untuk mengembangkan game 3D dan selain itu juga merupakan software
atau aplikasi yang interaktif dan atau dapat juga digunakan untuk membuat
animasi 3 dimensi. Unity lebih tepat
dijelaskan sebagai salah satu software untuk mengembangkan video game
atau disebut juga game engine , yang sebanding dengan game engine yang lain
contohnya saja: Director dan Torque game engine. Unity sebanding dengan mereka
( Director dan Torque ) dikarenakan mereka semua sama – sama menggunakan grafis
yang digunakan untuk pengembangan aplikasi 3D.
Beberapa Fitur yang ada pada Unity 3D :
-
Rendering
-
Scripting
-
Asset
Tracking
-
Platforms
-
Asset
Store
-
Physics
Sumber :
Artikel Yang Sangat Bagus Gan^^ ,
ReplyDeleteMohon Ijin Comment Yahh ^^
Togel Online
TOTO
TOGEL SINGAPORE
toto hk
toto sgp
togel
togel hongkong
SABUNG AYAM
casino online
Min Depo : Rp 25.000,-
BONUS NEW MEMBER 10%
BONUS HARIAN HINGGA 10%
KETERANGAN LEBIH LANJUT HUBUNGI :
LIVE CHAT 24 JAM
Line : Toba4D
Instagram : Toba_4D
Whatsapp : +62 812 1661 8224
What is our opinion on the Harlequin Casino.https://www.casino-en-ligne-info.com/
ReplyDelete